Jumat, 23 Juli 2010

Apakah Kelas Intensif Itu ?


Kepada
Yang terhormat adik-adik
Tamatan SMP/Madrasah Tsanawiyah
di
                                          Seluruh Indonesia.

Assalamu’alaikum War. Wab.

Perkenankanlah saya memperkenalkan diri. Saya adalah kakak kelasmu, satu diantara tamatan-tamatan SLTP Madrasah tingkat lanjutan yang sederajat dengan SMP- yang melanjutkan belajarnya dijenjang yang lebih tinggi, yaitu di KMI Pondok Pesantren ASSALAM Bangilan Tuban, kelas INTENSIF. Dengan senang hati dan tekun kakak bersekolah dan mengaji disini, sebab selain bermutu juga up to date dan banyak teman dari seluruh Indonesia.. Teman-teman kakak berasal dari aneka sekolah/madrasah serta dari berbagai daerah, semuanya hidup dalam suasana rukun, damai dan bersahaja sampai tamat, sebab memiliki dasar berfikir yang sama yaitu sama-sama mencari ilmu
bukan mencari kelas .Mencari ilmu adalah WAJIB. Kakak pun tamat. Setelah kakak tamat berijazah negeri dari INTENSIF di Pondok Pesantren ASSALAM tsb, kakak mengadu nasib, mengikuti ujian masuk disalah satu perguruan tinggi yaitu UNIVERSITAS BRAWIJAYA Malang.

Alhamdulillah kakak termasuk diantara peserta yang lulus masuk. Jadi sekarang kakak menjadi mahasiswa UNBRA Malang. Dalam lomba-lomba yang kakak ikuti di Universitas tsb, kakak ditakdir Allah menang, sehingga mendapat bea siswa prestasi hasil belajar, juara 3 MTQ se Univ Brawijaya, disamping prestasi-prestasi lain dalam skill. Diantara teman kakak yang sama-sama tamatan INTENSIF juga ada yang kuliah di UM
Malang. Nasib mujur karena kwalitas belajarnya, teman kakak juga berhasil mencapai macam-macam prestasi. a.l :
1. Menjadi mahasiswa terbaik 2008 dalam P2KK
(Program pengembangan kepribadian dan kepemimpinan )
2. Juara 2 lomba fahmil Qur’an Rector Cup 2009.
3. Juga menjadi mahasiswa peraih IP ( Indeks Prestasi ) 2010
4. Mendapat beasiswa PPE ( Pengembangan Prestasi Ektrakurikuler )

Masing-masing dengan hadiah yang lumayan serta dapat membantu orang tua untuk beaya kuliyahnya.Tamatan Intensif ASSALAM juga ada yang kuliah di IAIN Semarang, Akper Semarang, Akper Tuban, Akbid Semarang dan STAIN Kudus. Yang di Jakartapun ada. Mereka melanjutkan studinya sebagai mahasiswa di Ma’had Ali(Sekolah Tinggi Pendidikan Da’wah dan Tarbiyah) An-Nuaimi. Kini sudah lulus dengan predikat Mumtaz (Istimewa) dan sekarang beraktifitas di Bogor. Disamping itu tamatan INTENSIF juga ada yang mengajar di ISS (Internasional Solidarity School) di Banda Aceh. Bahkan ada yang melanjutkan belajar diluar Negeri dengan bea siswa pemerintah setempat. Itu semua adalah keberhasilan anak-anak INTENSIF. Selain itu, silahkan lihat BROSUR Nah, berdasarkan keberhasilan-keberhasilan tsb kakak ingin mengajak adik-adik tamatan SMP/ MTs sama-sama berhasil. Amin. Untuk itu kakak perkenalkan kelas INTENSIF sekedarnya. Semoga adik diparingi taufiq, maunah dan hidayah-Nya dalam memilih sekolah dan tempat mengaji.


Sekian
Wassalamu’alaikum War. Wab.
Kakak



HARIS SUHUD
(Tamatan Intensif/diUNBRA)



Baca dulu Brosur Penerimaan Santri Baru setelah itu bacalah ini
Sekilas Info KELAS INTENSIF (untuk tamatan SMP/MTs)

Disamping membuktikan kiprah lulusan kelas Intensif juga perlu membuktikan mutu dan hasil didikan dan pelajaran di KMI ASSALAM selain kelas intensif yang berhasil menamatkan santri-santri yang mendapat bea siswa dari luar Negeri. Karena itu anak-anak dari pelbagai daerah di Indonesia antara lain : Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Sunda kecil dan lain-lain, yang sudah tamat SD/MI banyak yang melanjutkan belajarnya di KMI ASSALAM kelas I ( MTs Plus kelas I ) yang lama belajarnya 6 tahun dan banyak pula tamatan SMP/MTs yang melanjutkan belajarnya di KMI ASSALAM kelas Intensif I ( MA plus kelas I) walau lama belajarnya 4 tahun. Ternyata anak-anak yang sudah masuk belajar di kelas Intensif dapat mengetahui dalamnya, karena itu dapat mengerti, memahami dan
membuktikan sistem mengajar serta mutu pelajarannya. Ahirnya merekapun dengan senang hati bertekad untuk melanjutkan studinya sampai tamat, walau semula sempat agak ragu pada awalannya karena memikir masa belajar yang lamanya 4 tahun. Tetapi karena mereka pernah tahu kelas Intensif, mengerti isinya dan faham arah dan hasilnya maka mereka dapat menikmati hasil belajar dikelas Intensif sehingga timbul keinginannya untuk terus belajar yang ahirnya dapat menikmati
manisnya ilmu, a.l. tahu manfaat ilmu, pandai bermasyarakat dan mendapat bea siswa untuk mereka keluar negeri.

Adapun anak-anak yang belum masuk untuk belajar di kelas Intensif kerena belum tahu kelas intensif, belum memahami dalamnya dan belum membuktikan sistem mengajar di ASSALAM serta mutu pelajarannya, maka ahirnya ragu-ragu akan masuk ke ASSALAM. Sayang ! Bahkan sempat ada yang terpengaruh oleh
miliu-miliu negatif ahirnya ada yang menggagalkan niatnya untuk masuk belajar di kelas Intensif KMI ASSALAM.

Karena itu kepada mereka yang bermaksud akan mendaftarkan diri, kemudian terasa akan ada rasa atau gejala ragu-ragu dan akan batal, saya ingin memberi sumbangan pemikiran. Kelas Intensif itu memang waktu belajarnya memerlukan masa 4 tahun beda dengan MA biasa yang hanya memerlukan masa 3 tahun. Jadi bila nanda masuk kelas I Intensif sampai tamat berijazah, harus menamabah masa belajar 1 (satu) tahun sehingga menjadi 4 tahun tetapi mendapat tambahan materi pelajaran yang apabila ditempuh diluar memerlukan waktu lebih dari 2 tahun,
bahkan lebih. Kelas Intensif masa belajarnya 4 tahun karena hakikatnya sama dengan MA plus, sebab terdapat tambahan beberapa materi pelajaran. Adapun tambahannya antara lain yaitu :

1. Bahasa Arab
Yaitu materi pelajaran yang kurang nanda pelajari dengan matang selama nanda belajar 3 tahun di MTs. Kekurangan tersebut dikomplitkan ditambah dengan materi hasil perpaduan dari 3 materi kurikulum yaitu : LIPIA Jakarta, KMI Gontor dan Depag. Andai nanda mengikuti kursus Bahasa Arab saja diluar ASSALAM, nanda toh harus menempuh waktu lebih dari 2 tahun dengan beaya yang sedikit memberatkan. Itupun jarang ada, enakan nandabelajar di KMI ASSALAM kelas Intensif.

2. Bahasa Inggris
Dengan materi hasil perpaduan dari 3 materi kurikulum yaitu : KMI Gontor, AMERIKA dan ASSALAM sendiri, yang apabila nanda tempuh dengan kursus Bahasa Inggris diluar ASSALAM, akan memerlukan waktu sedikitnya 1 tahun, itupun juga dengan beaya yang tidak sedikit dan tempatnya jauh. Nanda tentu akan berfikir untuk menempuh kedua-duanya kursus Bahasa Arab dan Bahasa Inggris berapa tahun nanda harus menempuh dan berapa pula keuangan yang harus nanda keluarkan. Toh selain diajarkan dikelas, Bahasa Inggris juga diajarkan setiap sore setelah sholat Ashar. Walau demikian kalau nanda mempelajarinya di ASSALAM, hanya memerlukan tambahan waktu hanya 1 tahun saja. Bahkan ada yang setelah 3 (tiga) tahun tamat belajar disekolah menengah Islamkemudian masuk ke KMI Gontor dengan ihlas mengorbankan waktu belajarnya yang 3 tahun, baru masuk di KMI Gontor mulai dari NOL, tetapi dia berhasil dan sekarang sukses mendirikan Pondok Pesantren dan KMI sendiri. Dia berkorban 3 (tiga) tahun tetapi dapat meraih keuntungan yang luar biasa sebab niatnya Mencari Ilmu bukan Mencari Kelas sedangkan nanda hanya mengorbankan waktu 1 tahun. Bila nanda taat mengikuti nasehat Ust-ust ASSALAM, insya Allah berhasil. Yaqinlah.
Untuk menopang program bahasa, ASSALAM telah mengirimkan kader pengajarnya ke London, serta penataran British Counsil di beberapa daerah Jawa Timur.

3. Agama
Yaitu Ushul Fiqih, Mustholahul Hadist dll :

a. Usul Fiqih.
Pelajaran ini sangat perlu untuk menambah wawasan dalam memahami fiqih, agar nanda benar dalam beragama.

b. Mustholahul Hadist
Yaitu materi pelajaran yang perlu dipelajari oleh orang yang ingin mendalami ilmu hadist.

4. Tarbiyah
Yaitu ilmu mendidik dan mengajar. Dengan Tarbiyah nanda dapat mendidik dan mengajar. Orang yang ahli mendidik dan mengajar dibutuhkan oleh Negara, karena Negara ingin memiliki rakyat yang terdidik dan terpelajar.
Dengan adanya pelajaran Tarbiyah berarti ASSALAM disamping mencetak KADER UMMAT juga mencetak guru. Karena itu sekolahan ini dinamakan KMI (Kulliyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al-Islamiyah). Kulliyah dapat diartikan perguruan.

Nanda harus bersyukur sebab disamping mendapat aneka pelajaran dan kecakapan untuk bekal hidup, ASSALAM juga membekali nanda dengan ketrampilan sebagai guru, yang dibutuhkan Negara. Berarti Negara juga diuntungkan oleh ASSALAM, sebab ASSALAM siap berbakti membantu Negara dengan keberhasilannya mencetak guru dan PEMIMPIN.

5. Gemblengan Orang hidup tua maupun muda, pegawai maupun pelajar bahkan semua orang hakekatnya memerlukan santapan otak, bimbingan hati dan gemblengan jiwa agar selamat dari macam-macam tantangan hidup,
sebab semua orang pasti menghadapi tantangan hidup, goda, termasuk pelajar. Karena itu, agar para pelajar berhasil dalam belajar, mereka harus diarahkan dan digembleng, sebab umumnya pelajar yang baru masuk kurang memiliki pendirian sebagaimana apa yang dikatakan dalam syair : Setiap orang itu punya cita-cita mencapai keluhuran tetapi jarang yang punya kemantapan.

Kesalahan utama yang dialami pelajar pada umumnya ialah kurang pandai menata hati dan pikir untuk mantap. Hati dan pikir perlu ditata bila akan diisi dengan ilmu. Hati perlu dipadangkan sedang pikir perlu dilatih untuk meningkatkan daya berfikirnya. Hati dan fikir diibaratkan sebagai wadah.
Wadah sebelum diisi harus diperhatikan kebersihannya, keutuhannya, retak atau tidak, tata letaknya dan sebagainya.
Pokoknya hati dan fikir perlu ditata untuk siap meraih ilmu yang bermanfaat serta mendapat ridho ALLAH.

Semoga nanda termasuk orang yang dibuka hatinya dan difahamkan pikirnya oleh Allah.



CAMKAN !
Raihlah Cita-Cita Nanda melalui KMI ASSALAM

TUKIKKAN PANDANGAN
SEDEKAT MUNGKIN
LAYANGKAN HARAPAN
SEJAUH MUNGKIN


BANGILAN

Bangilan ……………………
Desa ditengah lingkaran hutan jati
Ditengah lingkaran muncullah ruh Gontor
Ruh Gontor menyinarkan ilmu
Sinar ilmu mewujudkan ASSALAM
ASSALAM menjadikanmu kota ilmu
Gontor kota ilmu
Benih dari Gontor ditanam di Bangilan
Suburlah sesubur hutan jatimu
Agar menjadi Gontor ke II di Kab. Tuban
Kesabaran ASSALAM menghantarkanmu
Semoga ! Amin !



ASSALAM


ASSALAM…………………………..
Jiwamu adalah jiwa Trimurti Gontor
Semangatmu semangat Gontor
Suaramu selalu …………………
Berani Hidup Tak Takut Mati
Takut Mati Jangan Hidup
Takut Hidup Mati Saja
Hidup sekali hiduplah yang berarti
Sehingga………………
Semula kau tanah sawah penghasil pala wija
Karena jerih payah ASSALAM
Kini lokasi pondok pencetak kader ummat
Perjuanganmu mulai Nol
Sampai bilangan tak terhitung
Kau ………………………
Dirintis oleh alumni Gontor
Dipimpin oleh Alumni Gontor
Dan di istiqomahi oleh alumni Gontor
Hidup karena Gontor
Ibadahmu hanya Karena Allah
Semoga kuat menerima rahmat-Nya

1 komentar:

  1. Syarat pendaftaran untuk yg baru lulus dari mts/smp apa saja ya,mohon infonya.

    BalasHapus