Selasa, 09 November 2010

SIFAT TELITI

SIFAT TELITI
Ada hadits yang berbunyi “لايلدغ المسلم فى جحر واحد مرتين” Janganlah orang islam itu jatuh dua kali dalam lobang yang sama. Maksudnya Jangan sampai kesalahan yang lalu itu di ulang kembali.
Teliti itu, dalam istilah bahasa jawa yaitu “ Jlimet “ yang artinya tidak ada yang terlewat dan tidak gemampang serta selalu berfikiran kalau salah.
Orang yang teliti itu, akan selalu berfikir takut keliru. Apakah yang saya lakukan ini benar atau tidak ? Jadi, sebagai guru ASSALAM, harus selalu bersikap teliti sehingga dia akan berfikir apakah system yang saya gunakan ini sudah benar apa belum ? Dan apabila belum, dia akan berusaha untuk memperbaikinya. Orang yang tidak teliti itu tidak salah. Tetapi juga kurang baik.
Kalau ingin menjadikananak menjadi baik, harus menjadikan kelas 1 itu baik dan matang. Sehingga kalau dia sudah naik kelas, tetap baik. Dan kalau menjadi Ustadz pun juga akan menjadi Ustadz yang baik. Dengan semboyan “ Lebih baik pelan, dari pada bercepat-cepat tapi keliru “. Kalau Ustadz dan Ustadzah bisa mengajar dengan baik di kelas 1, maka dia akan berhasil menghantarkan murid di kelas 2,3,4,5 dan 6 menjadi baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar